fbpx

‘Benyamin Biang Kerok 2’, Sekuel yang Kini Mencoba Pecahkan Misteri Harta Karun

Disney+ Hotstar Indonesia di bulan September ini mengeluarkan film terbarunya yang ke-3, dan kini film Indonesia yang premier perdana di saluran berbayar ini adalah kelanjutan dari ‘Benyamin Biang Kerok’ (2018) yang diberi judul ‘Benyamin Biang Kerok 2’.

Kabar akan adanya sekuel ini memang telah terdengar saat Disney+ Hotstar mengumumkan saat mereka ‘mengambil alih’ film-film Indonesia terbaru yang belum tayang perdana di layar lebar dari dua production house ternama, Falcon Pictures dan MD Pictures pada awal bulan September ini.

Langkah mengejutkan namun sangat menguntungkan bagi semua pihak itu dinilai positif oleh banyak kalangan, karena akan menghidupkan mata rantai ekonomi bisnis perfilman yang terhenti total sejak penutupan bioskop di Indonesia akibat pandemi COVID-19 yang masih saja belum mereda sampai saat ini.

© Disney+ Hotstar
© Disney+ Hotstar

Setelah dalam ‘Benyamin Biang Kerok’ (2018), Pengki (Reza Rahadian) berusaha mengungkap bisnis kasino ilegal di Jakarta, kali ini Pengki melanjutkan aksinya dalam mencari harta karun. Nyak Mami (Meriam Bellina) yang kebingungan mencari anaknya, menemui dukun langganannya, untuk mencari keberadaan putranya, Pengki (Reza Rahadian), yang telah menghilang selama tiga hari.

Meskipun ia sudah mencari kemana-mana, Nyak Mami tak bisa menemukan Pengki. Tak Cuma Pengki saja yang hilang, Nyak Mami juga makin bingung saat Babe (Rano Karno) mendadak menghilang dari rumah.

Hilangnya anak dan bapak itu ternyata terkait dari usaha mereka dalam mengungkap misteri harta karun peninggalan Presiden RI pertama, Dr. Ir. H. Soekarno. Di banyak legenda yang sejak dahulu beredar, diduga Soekarno menyimpan emas dalam jumlah besar di luar negeri dan di Indonesia sendiri dalam jumlah yang sangat besar dan tak ternilai jumlahnya.

© Disney+ Hotstar
© Disney+ Hotstar

Pengki dan Babe ternyata bersembunyi di dalam rumah Nurlela (Lydia Kandou), yang ternyata teman masa kecil Babe dulu di perguruan silat. Bersama dengan Somad (Adjis Doaibu) dan Acie (Aci Resti), mereka bersama berusaha memecahkan misteri itu, bahkan sampai ke ujung Monas dan ke Kalimantan.

Namun mereka tak sendiri, komplotan penjahat yang dipimpin Hengki (Hamka De’ Vito’ Siregar) dan Margareth (Melanie Ricardo) berusaha merebut harta karun tersebut dari Pengki dan teman-temannya.

Apakah Pengki berhasil menemukan harta karun tersembunyi itu, apa berhasil direbut oleh kawanan penjahat tersebut?

Film yang masih disutradarai oleh Hanung Bramantyo dengan penulis naskah Bagus Bramanti, Senoaji Julius dan Hilman Mutasi ini masih menggunakan formula yang sama seperti film pertamanya.

© Disney+ Hotstar
© Disney+ Hotstar

Selipan bumbu komedi di antara dialog ala Betawi nyablak, tak serta merta membuat kita yang menonton akan terhibur, karena dialog yang dibawakan Reza tak semuanya lucu. Kelucuan itu justru timbul dari interaksi dan kelakuan Reza yang awkward menghadapi semua orang, terutama menghadapi Nyak dan Babe-nya sendiri.

Memang tak mudah menjadi mimicker aktor legendaris Benyamin S, yang multi talenta dan dengan act stage-nya saja sudah bisa membuat kita tertawa dengan tingkah lakunya. Kerja keras Reza Rahadian memang sangat diuji betul di film ini.

Agak disayangkan memang, film ini lagi-lagi mengulang kelemahan di film pertamanya yang plot ceritanya terbilang buruk. Begitu pula dengan konklusi akhir-nya yang tak masuk akal dan ingin cepat selesai, hal itu juga memupuskan isu utama yang hendak diangkat, yaitu pencarian harta karun yang sebenarnya sudah terkemas baik.

Untuk aktingnya sendiri, tak usah diragukan lagi. Mulai dari Reza Rahadian, Meriam Bellina, Rano Karno, hingga Lydia Kandou mampu menghadirkan karakternya masing-masing dan menghadirkan dialek khas Betawi yang nyablak, mengingatkan kita akan sejumlah film dari Benyamin S di era 70-an, dan juga serial Si Doel yang sempat berjaya di salah satu stasiun TV swasta era 90-an.

© Disney+ Hotstar
© Disney+ Hotstar

Walaupun kedua film ini (Benyamin Biang Kerok 1 & 2-red) merupakan remake dari versi aslinya yang hadir pertama kali pada tahun 1972, ada perbedaan cerita yang sangat mendasar, dan hal itu sah-sah saja, karena pastinya ada penyesuaian, terkait elemen apa saja yang hendak dimasukkan.

Buat kamu yang penasaran seperti apa kelanjutan cerita dari Pengki, film ‘Benyamin Biang Kerok 2’ telah tayang di Disney+ Hotstar mulai 18 September 2020.

Director: Hanung Bramantyo

Casts: Reza Rahadian, Meriam Bellina, Delia Husein, Rano Karno, Lydia Kandou, Adjis Doaibu, Aci Resti, Hamka Siregar, Melanie Ricardo

Duration: 95 Minutes

Score: 6.0/10

Share Yuk !

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay

PanenRayaNusantara

Update Your Life With Svarga News

Dapatkan info menarik, menghibur dan menambah wawasan di Svarga News
BrandingStarterPack
JasaDesignLogo
DenpasarFestivalColorRun5k2019
DenpasarFestival2019