fbpx

‘Sejuta Sayang Untuknya’, Perjuangan Ayah Membiayai Anak di Tengah Keterbatasan

“Ayah ingin aku jadi piala bagi hidupnya, sebagai pembuktian bahwa dengan profesinya ia bisa membiayai pendidikanku.” – Gina.

Beratnya perjuangan seorang aktor figuran, Aktor Sagala (Deddy Mizwar) yang harus bekerja siang malam untuk menghidupi anak sebatang karanya, Gina (Syifa Hadju), agar anaknya itu bisa bersekolah.

Gina pun menyadari pengorbanan ayahnya, yang tak kunjung mendapat pekerjaan mapan, dan betapa menderitanya sang ayah menghadapi itu semua. Sejak ditinggal mati istrinya, Aktor Sagala banting tulang mengurus keperluan rumah tangga, bahkan ia pun berhutang kiri kanan agar ia dan anaknya dapat makan dan menjalani hidup.

@ Disney+ Hotstar

Tapi Aktor Sagala tetap tersenyum, ia tak sekalipun mengeluh sakit atau tak ada uang kepada Gina. Semua dilakukannya dengan riang hati, seolah tak ada hal yang terjadi. Bahkan kata-kata “Gina…kau berjalan dua langkah saja, aku sudah rindu.” Sebuah ungkapan hati terdalam saat anaknya berjalan menuju sekolah, yang tentunya jarang diucapkan semua orang tua kala melepas anaknya pergi ke sekolah akhir-akhir ini.

Namun Gina, yang akan memasuki ujian di kala pandemi ini saja harus menggunakan handphone yang lebih baik pun tak bisa berbuat banyak. Aktor Sagala pun dengan segala keterbatasannya tetap bekerja keras, agar anaknya bisa mempunyai handphone agar dapat mengikuti ujian.

@ Disney+ Hotstar

Beruntungnya Gina, sebagaimana umumnya remaja SMA yang pintar dan punya prestasi, ia pun disukai teman sebayanya, Wisnu (Umay Shahab), yang rupanya menaruh hati padanya. Gina pun tak serta merta menerima cinta Wisnu, namun ia jalani saja pertemanan itu, toh Wisnu juga tak meminta macam-macam darinya.

Apakah Aktor Sagala nantinya bisa membelikan Gina handphone, agar nantinya bisa mengikuti ujian dan bisa masuk perguruan tinggi seperti keinginannya dari awal?

Film yang ditayangkan oleh Disney+ Hotstar Indonesia ini mengikuti perjalanan sulit dari ayah dan anak dalam menjalani hidup mereka yang serba berkekurangan. Namun sulitnya perjuangan itu tak serta merta harus dilalui dengan senyuman saja.

@ Disney+ Hotstar

Sejumlah scene menunjukkan betapa stress-nya sang anak melihat ayahnya yang tetap ngotot ingin dirinya masuk kuliah, dan keributan itu terjadi berkali-kali, namun keesokan harinya, keadaan kembali seperti sedia kala.

Ritme naik turun dari hubungan ayah anak itu digambarkan dengan sangat nyata, tanpa bumbu pemanis yang biasanya merusak scene yang sudah matang. Konflik ini memang tak berlangsung terus menerus, tapi dengan begitu kita tahu apa yang diinginkan keduanya, dan itu yang membuat keduanya makin menghargai satu sama lain hingga film ini selesai.

@ Disney+ Hotstar

Akting Deddy Mizwar dan Syifa Hadju memang di atas rata-rata, dan di film ini membuktikan bahwa Syifa Hadju ternyata mampu bersanding dengan aktor senior Deddy Mizwar yang kualitasnya tak usah dipertanyakan lagi.

Dengan plot cerita yang sederhana, dan ending yang bahagia, film ini akan membawa kita bernostalgia di film era 80-an, dengan treatment yang kurang lebih sama, namun setelah menontonnya, film yang heart-warming ini akan membekas selamanya.

Director: Herwin Novianto

Casts: Deddy Mizwar, Syifa Hadju, Umay Shahab, Edbert Einstain, Ozzol Ramdan, Kadir, Widi Dwinanda, Rohman Esbeye, Kukuh Prasetya, Oni Suwarman, Aria Kusumadewa

Duration: 97 Minutes

Score: 8.0/10

Share Yuk !

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay

PanenRayaNusantara

Update Your Life With Svarga News

Dapatkan info menarik, menghibur dan menambah wawasan di Svarga News
BrandingStarterPack
JasaDesignLogo
DenpasarFestivalColorRun5k2019
DenpasarFestival2019