fbpx

Perjalanan Panjang Ayu Maulida Menjadi Puteri Indonesia 2020

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, memiliki kekayaan alam dan budaya yang tersebar dari Sumatera sampai Papua. Hal ini dikukuhkan dengan dicanangkannya 10 destinasi wisata prioritas oleh pemerintah melalui Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Salah satu destinasi tersebut adalah Labuan Bajo yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang juga menjadi tema Pemilihan Puteri Indonesia 2020.

Labuan Bajo menjadi tempat istimewa karena dalam Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2020 ini lah para finalis menjalani serangkaian kegiatan mulai dari pra karantina seperti pemotretan dan aksi sosial. Para finalis juga diperkenalkan dengan kain tenun khas NTT dengan berbagai motif.

Menurut Ibu Julie Sutrisno Laiskodat para konferensi pers PPI 2020, para penenun lokal sampai meneteskan air mata melihat hasil karya mereka sangat diapresiasi. “Tentunya melalui kegiatan PPI diharapkan tenun dapat menjadi sorotan dunia seperti kimono dan sari,” ujar Ibu Putri Kuswisnu Wardhani dari Yayasan Puteri Indonesia.

Ibu Putri sendiri mengatakan walaupun isu corona sedang menghangat, namun kita boleh bangga dengan 39 finalis dan 3 ratu dunia bisa menghadiri malam puncak PPI. Acara malam puncak yang digelar di JCC, Jakarta (6/3) ini pun dimulai dengan opening introduction dari seluruh finalis, dan dihibur oleh penyanyi seperti Afgan, BCL, Isyana Saraswati dan juri spesial yaitu Miss Universe 2015, Pia Wurtzbach dari Filipina.

Setelah melewati serangkaian kegiatan karantina, akhirnya juri memutuskan Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Utara, Bali, Maluku, Papua Barat, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Jawa Tengah dan Kalimantan Timur sebagai pemenang vote untuk melengkapi jajaran top 11.

Sesi selanjutnya yaitu opening speech dari 11 besar dimana masing-masing menyampaikan pemikiran dan advokasi mereka.

Juri kemudian memutuskan 6 besar dimana yamg berhasil melaju adalah Bali, Sumatera Barat, Jawa Timur, NTT, Maluku, Jawa Tengah. Pengujian inteligensia dilakukan melalui sesi tanya jawab kepada 6 besar dimana 5 dari Dewan Juri dan 1 dari Sosial Media.

Proses eliminasi terakhir menetapkan Bali, Jawa Tengah dan Jawa Timur sebagai 3 besar Puteri Indonesia 2020 yang akan berlaga di ajang Miss Universe, Miss International dan Miss Supranational.

Setelah pertanyaan final untuk 3 besar, akhirnya perwakilan Jawa Timur, Rr Ayu Maulida Putri keluar sebagai pemenang Puteri Indonesia 2020. Wanita yang kerap disapa Ayuma itu berhasil mengalahkan dua pesaingnya, yakni Putu Ayu Saraswati dari Bali yang keluar menjadi Runner-Up 1 dan Jihane Almira Chedid dari Jawa Tengah yang menjadi Runner-Up 2.

Ayuma tampil begitu meyakinkan saat menjawab Putri Kuswisnu Wardani, Penasihat Utama Yayasan Puteri Indonesia yang menanyakan tentang arti dari kebahagiaan. “Apa arti kebahagiaan bagimu?” tanya Putri.

Dengan tenang Ayuma menjawab. “Bahagia buat saya adalah bagaimana kita bisa bersyukur atas jati diri kita, atas kelebihan dan kekurangan kita, atas segala kesuksesan dan kegagalan kita,” jawab Ayuma. “Bagaimana kita dapat bermanfaat bagi orang lain di sekitar kita. Bagaimana kita selalu bersyukur atas segala cobaan, jatuh dan bangunnya, karena itulah yang menjadikan kita orang yang sukses,” imbuhnya. “Orang yang sukses adalah orang yang selalu bersyukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa,” lanjut Ayuma yang disambut teriakan riuh dari penonton.

Ayuma lantas dimahkotai oleh Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull dan dikalungi selempang oleh Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan. Dengan anggun, Ayuma lantas melakukan lenggangan pertamanya sebagai Puteri Indonesia 2019. Selanjutnya, Ayuma akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2020.

Berikut hasil lengkap Puteri Indonesia dan gelar Puteri atribut PPI 2020:

Puteri Indonesia: Rr Ayu Maulida (Jawa Timur)
Puteri Indonesia Lingkungan: Putu Ayu Saraswati (Bali)
Puteri Indonesia Pariwisata: Jihane Amira Chedid (Jawa Tengah)

  • Puteri Berbakat: Jawa Barat
  • Puteri Best Traditional Costume: Jawa Timur
  • Puteri Best Evening Gown: Jawa Tengah
  • Puteri Inteligensia: Sulawesi Utara, Jawa Barat dan Sulawesi Tengah
  • Puteri Persahabatan: Kalimantan Utara
  • Puteri Favorit Kepulauan Sumatera: Kepulauan Riau
  • Puteri Favorit Kepulauan Jawa: DKI Jakarta 5
  • Puteri Favorit Kalimantan: Kalimantan Tengah
  • Puteri Favorit Bali dan Nusa Tenggara: Bali
  • Puteri Favorit Sulawesi: Sulawesi Utara
  • Puteri Favorit Indonesia Timur: Maluku Utara

Selamat kepada Puteri Indonesia dalam menunaikan tugas dan selamat berjuang dalam mewakili Indonesia di ajang internasional. (foto: Kemenparekraf/Irwansyah Syah)

Share Yuk !

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay

PanenRayaNusantara

Update Your Life With Svarga News

Dapatkan info menarik, menghibur dan menambah wawasan di Svarga News
BrandingStarterPack
JasaDesignLogo
DenpasarFestivalColorRun5k2019
DenpasarFestival2019