fbpx

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu TCM atau Traditional Chinese Medicine

Setiap negara di dunia memiliki akar budayanya masing-masing, dan apa yang sudah diturunkan turun temurun dari nenek moyang kita, akan kita serap selama hal itu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi sesama.

Di negara Tiongkok sendiri, salah satu yang masih dipertahankan hingga sekarang adalah cara pengobatan tradisional, yang dikenal dengan nama TCM (Traditional Chinese Medicine). Cara pengobatan ini telah ditemukan kurang lebih 3000 tahun silam, dan masih digunakan oleh banyak orang di dunia, tak hanya di Tiongkok sendiri.

TCM yang kini akan kita lakukan adalah kombinasi dari pencegahan yang sudah dikembangkan di Tiongkok beberapa tahun yang lalu. Terapi di bawah TCM meliputi obat herbal (alami), akupunktur dan pijat.

Pengobatan tradisional ini merupakan jembatan kehidupan yang kita inginkan dan dapat mendukung perubahan dan perkembangan di segala dimensi kehidupan mulai dari fisik, mental, emosi dan rohani.

Bekam © scitechdaily

TCM mempunyai kekuatan untuk membuka potensi anda yang sebenarnya dan membantu anda mengembangkan dan menggunakan bakat yang telah diberikan kepada kita. Suatu kebijaksaan dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan setiap individu, dengan cara mempersatukan badan, pikiran dan roh – sebuah fondasi kesehatan yang bersifat alami dan juga abadi. 

Intinya adalah di TCM, kita diajarkan bagaimana menjalani hidup yang seimbang, agar kesehatan dan keharmonisan tubuh dapat terjaga dengan baik. Memang benar bahwa TCM adalah salah satu sistim penyembuhan tertua di planet ini. Karena sudah berumur ribuan tahun. Bagaimana mungkin sesuatu yang begitu tua masih bisa digunakan untuk orang yang hidup di masa modern seperti sekarang ini?

TCM dapat diterapkan secara efektif untuk membantu menyembuhkan siapa pun dari segala masalah kesehatan apapun, karena berakar pada hukum kodrat yang tidak berubah sampai saat ini. Paradigma kodekteran yang unik ini tumbuh dari pengamatan mendalam tentang bagaimana segala sesuatu dalam realitas kita berfungsi pada tingkat terdalam, tak kasatmata dan berinteraksi dengan permukaan atau tingkat fisik yang kasat mata.

Setiap prinsip, teori dan praktik penyembuhan TCM mencerminkan dan menyelaraskan dengan hubungan yang ada dalam hukum alam.

Akupunktur © diabetes.co.uk

Semua penyakit itu berakibat dari ketidakseimbangan energi, baik dalam bentuk kelebihan atau kekurangan energi unsur tubuh.  Qi atau energi, mengalir melalui tubuh kita di sepanjang jalur meridian dan dipengaruhi oleh keseimbangan ‘yin dan yang’. Itu mengatur emosi, mental dan kesehatan fisik anda. 

Tubuh kita akan menjadi sakit bila ada penyumbatan atau ketidakseimbangan dalam aliran energi. Dalam TCM, pengobatan yang dilakukan adalah untuk mengembalikan keseimbangan Qi (energy).

Dalam pengobatan konvensional, dokter tertarik pada penyebab penyakit, menggunakan ujian fisik dan tes diagnostik untuk membantu membuat diagnosis dan merancang program perawatan yang mencakup pengobatan allopathic seperti operasi dan obat-obatan.

Di sisi lain, praktisi TCM menjadikan pasien fokus sementara mereka berusaha mengungkap akar masalah kesehatan. Tujuannya adalah untuk mengobati ketidakharmonisan yang mendasarinya dan mengembalikan keseimbangan pada tubuh, dan meningkatkan kesehatan pasien secara keseluruhan daripada mengurangi gejala yang muncul.

Untuk membuat diagnosis dan rencana perawatan, praktisi TCM menggunakan empat pilar pemeriksaan yaitu melihat, mendengarkan, menyentuh dan bertanya, mengamati penampilan dan perilaku fisik, dengan mempertimbangkan pola makan dan gaya hidup serta situasi keluarga, pengaruh masyarakat dan lingkungan.

Selama konsultasi dengan praktisi pengobatan Tiongkok, strategi pengobatan ditentukan berdasarkan pola ketidakharmonisan, atau penyakit yang teridentifikasi, yang telah terbukti aman dan efektif selama ribuan tahun. Praktisi TCM juga menganalisis ukuran, bentuk, warna, dan lapisan lidah, yang diyakini sebagai jendela penting bagi status kesehatan organ dalam.

Jenis perawatan TCM yang paling umum diresepkan adalah meditasi, ramuan Tiongkok dan terapi nutrisi, bekam, latihan fisik restoratif (tai chi, qigong), pijat dan akupunktur untuk merangsang dan mengatur aliran Qi untuk kesehatan optimal.

Tui Na © #jadastudios

Pengobatan Tiongkok Tradisional tetap merupakan pendekatan tambahan untuk pengobatan Barat konvensional, tetapi pengakuan akan keefektifannya dalam mengobati penyakit telah berkembang secara dramatis selama dekade terakhir di Amerika Serikat.

Semakin banyak, dokter medis tradisional merangkul TCM untuk membantu memecahkan berbagai masalah kesehatan. Dan sejak tahun 2014, Klinik Cleveland menjadi rumah sakit tradisional pertama di Amerika Serikat yang meresepkan obat herbal Cina melalui layanan pengobatan integratifnya. Dan hanya masalah waktu saja, sebelum pusat medis besar lainnya mengikuti apa yang telah dirintis tersebut.

Kontribusi TCM saat ini sangat besar bagi kesehatan masyarakat Tiongkok, dan sekarang di zaman modern ini, sedang dalam perjalanan untuk menjadi pendekatan penyembuhan yang diterima secara luas di seluruh dunia.

Oleh: George Surya Kencana, Bsc, MBA., PhD

Sebagai seorang pemerhati kesehatan dan pelatih untuk gaya hidup sehat berbasis TCM (Traditional Chinese Medicine), ia memulai karirnya di bidang kesehatan pada tahun 2000, sejak ia memulai belajar meditasi di Tiongkok dengan salah satu guru terkenal yaitu Prof. Liu Sao Bo (penemu konsep meditasi Zhen Qi Yun Xing). 

Di samping pengetahuan meditasi, ia juga telah mendapat pendidikan formal yaitu mengikuti program Diploma selama 2 tahun di bidang TCM dari Traditional Chinese Medical University of Guangzhou dengan predikat Baik Sekali. Kemudian ia balik ke Jakarta dan bekerja sebagai Health Consultant berbasis TCM.

Sebagai Health Consultant berbasis TCM, ia melakukan training meditasi selama 7-10 hari di sebuah klinik di Jakarta dan mulai membuka kelas untuk program Tui Na (Chinese Massage) yang dilanjutkan dengan kunjungan ke rumah sakit tekemuka di Jakarta.

Pada tahun 2019, ia memutuskan untuk pindah ke Bali dan mendirikan Bali Healthy Fit, yang fokus pada kesehatan dengan cara pencegahan atau preventif melalui Tui Na dan Meditasi. Ia juga memulai gaya hidup sehat dengan melakukan konsep gaya hidup sehat dgn 4P’s: Pola Olahraga, Pola Nutrisi, Pola Tidur dan Pola Hidup.

Di Bali, ia juga bekerja sebagai konsultan kesehatan untuk Walikota Denpasar, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra atau biasa disebut Pak Rai Mantra, juga berprofesi sebagai praktisi kesehatan di komunitas lari RIOT Bali dan IndoRunners Bali.

Share Yuk !

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay

PanenRayaNusantara

Update Your Life With Svarga News

Dapatkan info menarik, menghibur dan menambah wawasan di Svarga News
BrandingStarterPack
JasaDesignLogo
DenpasarFestivalColorRun5k2019
DenpasarFestival2019