fbpx

SvargaBumi, Tempat Wisata Instagramable Terbaru Dekat Candi Borobudur

Tempat wisata baru yang lagi hits kini hadir di Kabupaten Magelang. Tempat yang diberi nama Svargabumi ini, letaknya tak jauh dari Candi Borobudur. Seperti dikutip dari Tribun Jogja, Svargabumi mempunyai mempunyai beberapa spot Instagramable yang sangat menarik, terlebih buat kita yang menyenangi foto selfie.

Lokasinya berada di tengah hamparan persawahan dengan latar pemandangan Candi Borobudur dan Bukit Menoreh, memang sangat menawan. Saat kali pertama masuk Svargabumi, pengunjung akan disambut hamparan persawahan yang hijau sudah menyambut wisatawan.

Sebanyak 22 spot selfie di sepanjang pematang sawah sudah dipasangi jalan yang terbuat dari kayu dan bercabang ke tempat-tempat selfie yang ada di tempat itu.

Spot foto pertama adalah kayu berukir dengan frame Candi Borobudur di kejauhan. Melewati pematang sawah dan meloncat dari satu spot ke spot lain terasa mengasyikkan. Terlebih saat pagi, ketika pemandangan Candi Borobudur dan Bukit Menoreh tampak dengan jelas. Saat sore hari, lebih bagus lagi, pengunjung bisa melihat sunset dari sini.

Pengunjung bisa bebas memilih spot mana untuk dijadikan latar foto. Ada spot foto dengan pemandangan background candi, spot ayunan, spot di tengah sawah, dan banyak lainnya. “Spot-spot di sini modern, namun tidak merusak lingkungan. Kemudian, mengatur pola tanam sawah yang ada.

“Saat sekarang ini, kita bisa menemukan tanaman padi yang sudah mulai berbuah, namun ada juga yang masih mulai ditanam,” kata Putranto Cahyono, salah satu pemilik SvargaBumi.

Putranto mengatakan, nama SvargaBumi ini dipilih karena lokasi ini layaknya tempat yang indah seperti di svarga atau surga. Wisata ini sengaja dirintis sebagai wisata alternatif di Kawasan Borobudur. Konsepnya alam dengan daya tarik utama pemandangan Candi Borobudur. “Kita ingin menambah wisata alternatif di daerah Borobudur. Karena selama ini, kan terpusat di Borobudur,” kata Putranto, Rabu (12/8).

“Nah, setelah kita pelajari lingkungan, konsep-konsep desain, kita ada sawah. Dan kebetulan, kita lihat kemana-mana juga kayaknya kok masih kurang begitu banyak yang wisata sawah. Jadi akhirnya kita menemukan ini, kita pinginnya menjadi sawah modern,” lanjutnya.

Sejak dibukanya pada tanggal 8 Agustus 2020, banyak pengunjung yang sudah berdatangan. Sehari, rata-rata ada 100 orang per hari yang datang dari berbagai daerah. Daerah seperti Magelang sendiri, Yogyakarta, bahkan luar pulau seperti Sulawesi dan Kalimantan.

“Per harinya rata-rata pengunjung sampai 100 orang yang datang dari berbagai daerah. Keistimewaan, selain bisa selfie dengan latar belakang Candi Borobudur dan keindahan pegunungan Menoreh. Waktu yang baik untuk datang pada pagi atau sore hari biar tidak kepanasan,” katanya.

Seorang wisatawan dari Kalimantan, Vita mengaku mendapatkan informasi soal wisata ini dari media sosial. Saat ini, ia memang sedang berkesempatan berlibur dari Kutoarjo hingga ke Jogja dan Magelang saat ini. Ia tertarik datang karena spot fotonya yang unik dengan latar belakang Candi Borobudur. “Lokasi ini kami harapkan bisa menjadi alternatif wisata dan berharap agar kebersihan tetap terjaga. Semoga kebersihan dijaga dan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.



Menuju SvargaBumi tidaklah sulit, jaraknya hanya sekitar tiga kilometer dari Candi Borobudur. Pengunjung dari Candi Borobudur cukup ke arah selatan ke arah Balkondes Ngaran atau dengan berbekal GoogleMaps, destinasi ini mudah ditemukan. Lokasi tepatnya ada di tengah persawahan, pinggir jalan, di perbatasan Dusun Ngaran dan Dusun Gopalan, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur.

Sesampainya di sana pengunjung bisa menuju loket masuk dan membeli tiket yang dibedakan dalam dua kategori. Harga tiket dewasa sebesar Rp 25 ribu dan anak-anak Rp 15 ribu saja. Protokol kesehatan telah diterapkan secara ketat di tempat wisata yang sedang viral ini.

Sebelum masuk, wisatawan diperiksa dulu suhu tubuhnya. Mereka juga wajib mengenakan masker dan menjaga jarak saat di tempat wisata. Tempat cuci tangan terpasang di sepanjang lorong masuk. Jam buka Svargabumi yakni pukul 08.00 sampai 17.00 WIB, setiap hari kecuali hari Kamis. Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu buka mulai pukul 06.30 sampai 18.00 WIB.

Saat pandemi seperti sekarang ini, khusus hari Kamis, diliburkan. Sementara pembatasan pengunjung dibatasi sebanyak 50 persen dari kapasitas maksimal 1.500-2.000 orang. Jika kita ingin berkunjung, harap menaati protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak minimal satu meter, gunakan hand sanitizer dan rajin mencuci tangan, serta pastikan suhu tubuh normal di bawah 37,3 derajat celcius.

Tertarik berkunjung ke sana?


Share Yuk !

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay

PanenRayaNusantara

Update Your Life With Svarga News

Dapatkan info menarik, menghibur dan menambah wawasan di Svarga News
BrandingStarterPack
JasaDesignLogo
DenpasarFestivalColorRun5k2019
DenpasarFestival2019