fbpx

Akibat Virus Corona, Wishnutama Rencanakan Diskon untuk Wisatawan Domestik

Penyebaran virus Corona yang makin meluas berakibat menurunnya turis China yang dating ke Indonesia. Hal itu menjadi perhatian serius pemerintah. Menparekraf Wishnutama Kusubandio berusaha menutup kekurangan itu dengan menggenjot kuantitas wisatawan domestik.

Wabah virus Corona yang datang dari turis China masih menjadi masalah internasional yang kian melebar ke banyak negara. Di Bali sendiri, pembatalan kedatangan turis terbesar terjadi saat Imlek.

Kebijakan pemerintah menutup penerbangan dari dan ke China dalam jangka waktu yang belum ditentukan, sangat berpotensi menurunkan jumlah turis China.

“Makin panjang wabah virus Corona, maka makin panjang masa recovery-nya,” ujar Wishnutama seperti dikutip dari Detik di Gedung Binagraha, Jakarta Pusat, Kamis (6/2).

Wishnutama berharap turis dari Eropa tak terpengaruh kasus virus Corona. Dia akan terus memantau perkembangan pemesanan wisata turis Eropa yang biasanya berlangsung di bulan ini untuk berlibur di Indonesia pada Juni hingga Agustus.

Selain itu, Wishnutama akan menambal hilangnya turis China, yang dalam sehari biasanya bisa datang sekitar 6.000 orang, dengan menggalakkan wisatawan lokal. Wishnutama akan mengandeng Kementerian Perhubungan untuk merumuskan hal ini, karena sudah sampai ke tingkat mengkhawatirkan.

“Jadi usaha untuk meningkatkan wisatawan lokal untuk berlibur di Indonesia ini adalah salah satu upaya kita untuk melindungi atau menjaga industri pariwisata secara umum, khususnya di Bali, Sulut dan di daerah Bintan,” kata Wishnutama.

“Rencananya, mau ada diskon buat tiga rute domestik; Bali, Sulawesi Utara, dan Bintan. Jadi, ini upaya yang kita lakukan, karena di beberapa tempat dampaknya terasa sekali,” Wishnutama menuturkan.

Merujuk kepada pernyataan Putu Winastra, sekretaris Association of The Indonesian Tours and Travel (ASITA) Bali, gairah wisatawan nusantara memang masih cukup tinggi dalam periode gempuran wabah virus Corona. Bali masih baik-baik saja kendati kehilangan 5.000 wisatawan China.

Lagipula, masih cukup banyak turis China yang datang ke Bali melalui pintu lain. Di antaranya Thailand dan Singapura.

Share Yuk !

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Replay

PanenRayaNusantara

Update Your Life With Svarga News

Dapatkan info menarik, menghibur dan menambah wawasan di Svarga News
BrandingStarterPack
JasaDesignLogo
DenpasarFestivalColorRun5k2019
DenpasarFestival2019